Presiden Joko Widodo Angkat Ketua dan Anggota DJSN yang Baru

Presiden Joko Widodo Angkat Ketua dan Anggota DJSN yang Baru

Jakarta - Presiden Joko Widodo melalui Keppres Nomor 14/M Tahun 2023 dan Keppres Nomor 11 /M Tahun 2023 tentang Penggantian Antar Waktu Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional Masa Jabatan 2019-2024 mengangkat drg. Agus Suprapto, M.Kes sebagai Ketua DJSN yang baru dan mengangkat Andi William Parlindungan Sinaga, S.Sos sebagai Anggota DJSN Adapun proses serah terima jabatan dilakukan hari Kamis, (6/4/2023).

Agus Suprapto sebagai ketua sekaligus anggota DJSN dari unsur pemerintah (Kemenko PMK) dan Andi William Anggota DJSN dari unsur pekerja akan menjabat dalam sisa masa jabatan anggota DJSN yang digantikannya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Agus Suprapto merupakan kelahiran Ngawi, 13 Agustus 1964. Lulusan S1 Sarjana Kedokteran Gigi dan S2 Pasca Sarjana Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Minat Biostatistika dari Universitas Airlangga Surabaya Jawa Timur.

Ia mengawali karirnya sebagai Asisten Peneliti Madya Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarkat di Surabaya pada tahun 1995. Pada tahun 2009 pernah menjabat sebagai Kepala Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan. Sebelum menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK, beliau pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK pada tahun 2020.

Selain itu, Agus Suprapto menjadi Ketua Ikatan Alumni Universitas Airlangga - Komisariat FKG UNAIR dari tahun 2022 – 2026 dan aktif di organisasi PDGI Surabaya.

Sedangkan
Andy William Parlindungan Sinaga merupakan kelahiran Medan, 10 Mei 1973. Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara dan S1 Ilmu Hukum Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta dan sedang tahap akhir kuliah (Tesis) Magister Jurusan Hukum Bisnis, Universitas Mpu. Tantular (UMT) Jakarta.

Saat ini Andy William menjabat sebagai Ketua Program DPN FSB KIKES KSBSI dan aktif di Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI). Sebelumnya pernah bekerja sebagai Tenaga Ahli Ketenagakerjaan di Direktorat Ketenagakerjaan BAPPENAS, ILO, Sekretaris Eksekutif di Labor Institute Indonesia, terakhir di Kementerian Ketenagakerjaan RI (2020-2022).

Sebagai Anggota DJSN dari unsur pekerja Andy William memiliki perhatian khusus terkait isu-isu jaminan sosial khususnya jaminan sosial ketenagakerjaan. Hal ini terlihat pada beberapa hasil kajian/tulisan atau hasil penelitian yang dimuat di media massa Nasional seperti “Kontroversi Pencairan JHT, ini Solusinya”; “Perlindungan Pekerja Rentan jadi PR BPJS Ketenagakerjaan” juga Perlindungan Terhadap Pekerja Medis Masih Lemah”.