Public Expose Laporan Kinerja BPJS Kesehatan Tahun 2022

Public Expose Laporan Kinerja BPJS Kesehatan Tahun 2022

Ketua Komisi Pengawasan Monitoring dan Evaluasi Dewan Jaminan Sosial Nasional, Muttaqien, menghadiri agenda Public Expose Laporan Kinerja BPJS Kesehatan Tahun 2022 sebagai Penanggap pada hari Selasa tanggal 18 Juli 2023. Agenda ini diselenggarakan di Ballroom BPJS Kesehatan dengan mengangkat tema “Keuangan Sehat, Mutu Layanan Melaju Pesat”.  

Pada agenda tersebut, Muttaqien, memberikan pandangan terhadap Laporan Kinerja BPJS Kesehatan baik itu Laporan Keuangan maupun Laporan Pengelolaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Menurutnya, program JKN sudah berada pada jalur yang benar.

“Program JKN sudah berada pada on the right track, tentunya ini perlu semakin dioptimalkan terutama dalam hal mutu dan layanan kepada masyarakat” ujar Ketua PME DJSN tersebut.

Muttaqien juga mengungkapkan pandangannya perihal perlunya berpindah pendalaman dari cakupan kepesertaan menuju cakupan yang efektif (effective coverage). Terdapat 3 hal yang menjadi patokan effective coverage di antaranya mengacu pada need, use, dan quality program JKN.

 “Terdapat tiga hal yang dapat menjadi patokan effective coverage, pertama bagaimana peserta memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi, kedua bagaimana peserta dapat menggunakan atau memanfaatkan program, dan ketiga bagaimana kualitas mutu dan layanan dapat dirasakan oleh peserta” ungkapnya.

Harapannya, program JKN yang sudah berada pada jalur yang tepat ini dapat terus berkesinambungan dan memberikan manfaat pelayanan bagi seluruh masyarakat.